5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Usaha

Sebab tanpa keunikan produk, bisnis kuliner Anda gampang kalah saing dengan kompetitor. Lewat keunikan produk pula lah, calon pelanggan tertarik untuk membeli dan mencoba produk Anda. Hal ini penting untuk menentukan harga jual dari produk yang akan dijual.

Penasihat hukum adalah saat kita mengalami masalah, namun persiapan hukum yang preventif dan proaktif bisa menjadi cara terbaik untuk mengatur bisnis Anda menuju kesuksesan jangka panjang. Bila Anda menghubungi penasihat hukum setelah mengalami masalah, sering kali terlambat atau secara kritis dapat mempengaruhi bisnis Anda baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Penting untuk memiliki bantuan di sisi hukum bisnis terutama, memastikan Anda terlindungi dan menjalani proses dengan cara yang benar. Memulai bisnis seharusnya tidak menjadi perjalanan mandiri, tak peduli seberapa menggiurkan. Mempekerjakan bantuan sepanjang perjalanan Anda dalam berbisnis akan membuat Anda sukses.

Hal- hal yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis

Sebab, ada argumen yang mengatakan bahwa orang yang memulai bisnis di kemudian hari memiliki peluang lebih baik untuk mencapai kesuksesan. Faktanya, 76% dari orang yang memutuskan untuk menjalankan bisnis kecil mereka merasa sangat senang dengan keputusannya, menurut survei tahun 2020 yang dilakukan oleh Guidant Financial’s Small Business Trends Alliance. Akan tetapi, cara untuk memperoleh keuntungan tersebut yang menjadi perbedaan.

Dalam hal ini, mengenali massa menjadi hal penting yang tidak boleh diabaikan. Produk paling populer sekalipun akan kehilangan potensi bisnisnya jika dipasarkan di daerah di mana produk tersebut tidak dibutuhkan. Produk yang satu ini banyak disukai oleh anak muda atau mereka yang sudah bekerja meski belum berkeluarga. Membeli waralaba minuman kekinian di sekitar kompleks perumahan yang baru dibuka mungkin tidak akan memberimu banyak pemasukan.

Semakin dekat lokasi bisnis dengan jalan raya atau tempat strategis lainnya, semakin Anda diuntungkan. Ibarat promosi gratis, Anda bisa mengundang pengunjung hanya dengan modal “kelihatan”. Meski judulnya baru “rencana” bukan berarti konsep bisnis dibuat asal-asalan. Selain dijadikan pedoman menjalankan bisnis, konsep ini juga membantu Anda dilirik investor untuk dapat suntikan modal. Maka dari itu, Anda perlu menggarap marketing strategy dengan lebih serius. Anda perlu lanjutkan dengan mencari keunikan produk (unique selling points / USP) yang ingin dijual.

Gulu Gulu bisa dibilang sebagai pendatang baru di dunia bisnis kuliner. Brand satu ini mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia di tahun 2018. Penghargaan ini diberikan karena Gulu Gulu berhasil menjual 60+ lisensi bisnis. Hebatnya, karena lisensi ini terjual meski Gulu Gulu belum resmi membuka toko offline pertama. Dengan membuka website bisnis makanan , Anda tak melulu berjualan produk makanan atau minuman.

Sekarang petugas BPJS sudah lebih baik dan ramah dengan dunia usaha, mereka dapat memaklumi kondisi-kondisi sulit perusahaan, khususnya UKM. Kalau kamu sudah berhasil mendapatkan order secara berkelanjutan, kamu harus terus berkreasi menciptakan menu-menu baru yang beragam. Agar pelanggan tidak bosan, kreasikan menu masakan yang lezat, unik dan menarik, apalagi kalau menunya menyehatkan, bisa jadi nilai tambah di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sehat. Jika memang diperlukan, rekrutlah beberapa karyawan untuk membantu kamu, semuanya tergantung kebutuhan. Ada yang bertugas membantu memasak, untuk mengantarkan pesanan, ada pula yang dipekerjakan untuk berhubungan dengan supplier, mengelola keuangan dan menangani promosi.

Yang dimaksud fleksibilitas disini yaitu jika Anda menerima suatu kritik yang baik demi perusahaan maka jangan kaku jika itu memang baik berubahlah. Sebelum Anda memulai bisnis di bidang apa pun, penting untuk melakukan kajian terhadap pasar, pesaing Anda, dan bagaimana mereka meluncurkan bisnis mereka. Tidak sedikit dari para calon usahawan yang terlilit pinjaman sebelum usahanya yang belum maksimal berjalan. Maka dari itu, penting kiranya Anda mempertimbangkan kapasitas dan sarana prasarana Anda mencukupi.

Tapi tantangannya, kamu harus dapat membuat tampilan sedemikian rupa sehingga pengunjung memahami identitas bisnismu. Jika diperlukan, kamu juga bisa melakukan riset SES (Socio-Economic Status) alias jumlah pendapatan target pasar yang dibagi menjadi beberapa segmen, mulai dari A1, A2, B hingga segmen E. Mereka tidak akan ragu meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir, dan bisa meninkmati pelayanan usaha Anda dengan merasa nyaman.

Comments are Disabled