Prosedur Ekspor Barang Untuk Pengembangan Bisnis

EKSPORTIR TERDAFTAR adalah perusahaan atau perorangan yang telah mendapat pengakuan dari Menteri Perindustrian dan Perdagangan untuk mengekspor barang tertentu sesuai ketentuan yang berlaku. Saat memilih jasa ekspor, kamu harus memperhatikan kelengkapan surat izinnya, ongkir yang diberikan, kecepatan pengiriman, layanan monitoring dan jaminan keamanan barangnya. Packing listatauinvoicemerupakan dokumen yang berisi informasi isi barang yang diekspor.

“Selain itu, juga akan memberikan kepastian hukum terkait penanganan selisih berat dan/atau volume barang impor/ekspor dalam bentuk curah dari sisi kepabeanan,” pungkas dia. Di sisi lain, peningkatan impor harus diwaspadai, karena hal ini bisa menggerus devisa. Bila devisa tergerus, hal ini akan mempengaruhi nilai tukar rupiah di pasar. “Insentif ini juga akan memberikan kepastian hukum terkait penanganan selisih berat dan atau quantity barang impor/eskpor dalam bentuk curah dari sisi kepabeanan,” pungkas Heru Pambudi. “Dulu kita ekspor kelapa sawit masih dalam bentuk CPO-nya , batu bara dijual mentahnya, dan nikel raw materials. Tidak pernah kita mendapatkan nilai tambah dari ekspor-ekspor itu,” ujarnya. Salah satu cara untuk menghindari persaingan lokal yaitu dengan cara menjual produk ke negara lain.

Ekspor barang

Dokumen ini dikeluarkan oleh perusahaan yang melakukan fumigasi pada produk ekspor. Proses fumigasi bertujuan untuk mengamankan barang dari serangan hama atau rayap selama dikirim. Dokumen ini biasanya diperlukan untuk barang-barang ekspor seperti buah segar, rempah-rempah dan hasil pertanian, hewan dan ikan. Dokumen ini menjamin bahwa produk ekspor bebas dari kuman, jamur, atau bakteri.

Setelah itu, lakukan proses pembayaran atas bea keluar sesuai tarif yang tertera dalam dokumen pemberitahuan ekspor barang. Apabila sudah membayar secara otomatis Anda akan diberikan bukti bayar bea keluar dan barang siap untuk dikirim ke negara tujuan. Dokumen ekspor yang harus disiapkan sebagai syarat utama lainnya yaitu Dokumen Invoice dan Packing record, Bill of lading(dibuatshipping companybila laut /airway billbila udara). Adapun dokumen tambahan yang perlu disiapkan meliputi Surat Keterangan Asal dari Dinas Perdagangan dan Industri Kabupaten / Kota, dan Surat Keterangan Analisis dari laboratorium. Banyaknya dokumen yang harus disiapkan oleh eksportir tergantung dari jenis barang yang akan dikirim, kuantitas barang, dan penyesuaian prosedur negara tujuan.

Sebagai negara maritim, tidak heran kalau udang jadi komoditas ekspor utama Indonesia. Badan Pusat Statistik mencatat, nilai ekspor udang dan perikanan sepanjang 2020 lalu mencapai US$ three,51 miliar. Komoditas perikanan jadi salah satu yang masih mengalami surplus meski pandemi menghantam.

Barang yang diekspor agar terlebih dahulu diproses menjadi barang setengah jadi atau barang jadi agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Dengan demikian, industri ekspor akan dapat berkembang dan memberikan kontribusi pada pembangunan negara. Penetapan barang dilarang ekspor dilakukan oleh Menteri Perdagangan berdasarkan usulan dari menteri atau kepala lembaga pemerintahan non kementerian dan disepakati dalam rapat koordinasi antar kementerian. Saat ini, barang yang dilarang untuk diekspor telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 45 Tahun 2019. Peraturan ini mulai berlaku 30 hari sejak tanggal diundangkan tanggal 21 Juni 2019, jadi efektif berlaku mulai tanggal 21 Juli 2019. Bukti tersebut diperoleh oleh Pejabat Bea dan Cukai ketika pemeriksaan pabean atau analisis intelijen berdasarkan informasi sistem perekaman HKI.

Ternyata, tidak hanya Filipina yang menjegal produk-produk ekspor Indonesia, tercatat ada 14 negara melakukan hal yang sama terhadap produk ekspor Indonesia. Adapun pengkreditan pajak masukan atas impor BKP berwujud, seperti ditegaskan dalam Pasal 2 ayat PER-07/PJ/2021, dilakukan PKP pemilik barang sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan. Estimasi waktu pengiriman merupakan hal yang sangat penting dalam mengirim barang. Oleh karena itu, saat kamu sedang memilih jasa ekspor barang ke luar negeri. Jika tahapan – tahapan di atas dirasa terlalu ribet, solusinya kamu bisa menggunakan jasa ekspor barang. Tapi yang perlu diingat, biaya yang dikeluarkan juga relatif akan lebih mahal.

Comments are Disabled